Kamis, 02 Mei 2013

Impian Mereka Untuk Indonesia


Selamat Hari Pendidikan Indonesia!!!!
Apa yang spesial di hari ini? sebenarnya tidak terlalu berpengaruh pada kegiatan sehari-hari saya. Saya tetap sarapan pagi dengan roti dan teh hangat, saya tetap kuliah 6 jam, dan saya tetap beraktivitas sama seperti hari biasa. Oops!! tetapi bukan tentang saya yang ingin saya tulis kali ini.

Seminggu kemarin, dari tanggal 22-29 April, saya ikut berpartisipasi dalam program penulisan buku "Sekolah Dambaanku" dari YouthESN. Program ini menghimpun pendapat dari seluruh siswa di Indonesia tentang sekolah idaman mereka, dari SD, SMP, hingga SMA. Akhirnya, seminggu penuh kemarin saya habiskan untuk berkeliling ke sekolah-sekolah di wilayah Bandung timur dan utara untuk bertemu dan berbincang-bincang dengan anak-anak tersebut. Setiap anak mempunyai pandangan yang berbeda tentang sekolah idaman mereka. Satu hal yang tak bisa dipungkiri adalah sistem pendidikan Indonesia masih lah jauh dari kata sempurna. Bahkan terlalu banyak untuk saya sebutkan disini. Tapi wahai para pemimpin bangsa, para pendidik putra bangsa, dan para penggerak, ketika saya bertanya kepada mereka, "apa harapan kalian untuk pendidikan Indonesia?", dengan polos dan semangatnya mereka menjawab,
"Semoga pendidikan kita bisa terus maju kak.."
"Kak, katanya dulu Indonesia pintar ya? banyak negara luar belajar ke Indonesia.. sekarang masih pintar kan kak?"
"Kak, saya tak suka menyontek.. tetapi kenapa teman-teman suka menyontek? semoga gak ada yang menyontek lagi kak.."
"Kak, kalo saya jadi menteri pendidikan, saya mau buat Indonesia jadi juara!"
"Kak, saya mau jadi guru yang bisa mendidik murid-murid yang membanggakan.."
Dan sebagainya...
Selamat hari pendidikan, mari bermimpi, mari membantu, dan mari memperjuangkan kemajuan pendidikan Indonesia! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar