Sabtu, 25 Januari 2014

Mengapa Bisa?

First Question.
Mengapa bisa tidak terjadi banjir di desa?

Walau tinggal di desa, kami sangat pintar untuk menjaga kebersihan lingkungan kami. Setiap warga desa mempunyai kesadaran bahwa membersihkan lingkungan tidak hanya membersihkan lingkungan di dalam rumah saja, melainkan juga lingkungan di luar rumah (baca: jalanan, selokan, kebun, dan area-area lainnya). Kami tidak pernah membuang sampah ke selokan kami, justru selokan pun termasuk area yang kami sapu setiap hari agar aliran air tetap lancar dan tidak pernah tersumbat. Kami tidak pernah menimbun sampah dalam waktu yang lama karena sampah yang kita sapu langsung kita bakar saat itu juga. Apakah kami tidak khawatir dengan polusi udara? tentu saja tidak, sampah kami sebagian besar adalah sampah-sampah organik, kalau pun ada sampah anorganik saat pembakaran itu tidak terlalu mengkhawatirkan. Mengapa? karena di desa kami masih banyak pepohonan yang akan mereduksi secara cepat asap-asap hasil pembakaran tersebut.
Agar peresapan air tetap baik, pengembangan jalan aspal hanya kami lakukan di jalan utama. Sementara untuk halaman dan jalanan-jalanan kecil kami biarkan tetap berupa tanah biasa sebagai daerah rembesan air.
Jadi sekarang apakah kamu tahu mengapa di desa tidak pernah terjadi banjir? :)

Second Question.
Mengapa bisa melihat bintang dengan jelas di desa?

Kami masyarakat desa pun membutuhkan cahaya untuk menerangi kegelapan saat malam. Tetapi kita tahu, bahwa fungsi utama mengapa kita memerlukan cahaya yaitu adalah saat kegelapan itu hadir. Sehingga kami hanya menggunakan cahaya lampu secukupnya. Tidak semua rumah membutuhkan lampu jalan di malam hari. Jika satu rumah sudah mempunyai lampu jalan di rumahnya yang cukup untuk menerangi jalanan beberapa rumah di sekitarnya, maka rumah di sekitarnya tak harus menyalakan lampu jalan. Selain untuk menghemat biaya listrik, tentunya kami juga tahu bahwa menyalakan lampu lebih dari seharusnya hanya sia-sia. Kami menyukai indahnya bintang-bintang di saat malam dan kami tahu bahwa semakin banyak cahaya yang terpancarkan ke atas maka akan semakin membuat kami sulit melihat bintang. Sehingga lampu jalan di depan rumah kami selalu kami tutup dengan tudung besi di atasnya. Selain agar lampu tidak roboh karena hujan maupun angin, yah tentunya agar cahaya lampu benar-benar terpusat ke bawah. Jadi sekarang kamu tahu mengapa kita bisa melihat bintang dengan jelas di desa?

Kita diberi kebebasan untuk melakukan eksploitasi alam agar memudahkan aktivitas kita, tetapi jangan lupa, kita juga harus sadar tentang bagaimana cara mengeksploitasi yang tepat tanpa pernah merusak keseimbangannya.

1 komentar:

  1. Semua berita yang ada di website anda sangat menarik perhatian untuk di simak, salam sehat. . . !! Semoga beritanya dapat bermanfaat! share ya gan, thanks nih!!

    BalasHapus