Kamis, 10 Januari 2013

Magang Apoteker part.1

Ceritanya insomnia saya kambuh lagi nih teman-teman, hayaahhh minggu-minggu magang malah gak bisa tidur.. Haha tapi baru kali ini terbelit dalam pikiran saya, "nulis ah biar ngantuk.." ya iya gituh nulis bikin ngantuk?? haha mari kita coba.. 

Alhamdulillah sejak tanggal 3 januari 2013 kemarin saya bersama rekan-rekan program profesi apoteker ITB angkatan Oktober 2012 sudah mulai melaksanakan tugas magang di area masing-masing. Lalu, dimana kah saya magang? dan cerita apa yang terjadi selama saya magang?? haha.. oke, siap-siap yaaaa... mari dengarkan cerita saya.. 

Pada semester ini saya mendapat kesempatan magang dengan jadwal berikut
1 minggu di Dinas Kesehatan Provinsi Jabar
1 minggu di Dinas Kesehatan Kota Bandung
2 minggu di Puskesmas wilayah kota Bandung
4 minggu di apotek Adhika

Jadi, total magang saya semester ini ada 8 minggu (yahh dibulatin jadi 2 bulan lah ya.. hehe). Kegiatan magang di profesi apoteker ini wajib dilakukan 2 bulan tiap semesternya. Seperti semester ini ketika saya ditempatkan di pemerintahan dan apotek, maka semester depan saya akan ditempatkan selama 2 bulan di salah satu rumah sakit (tepatnya dimana baru dibagi semester 2 nanti, jadi sekarang masih jadi rahasia.. hehe).

Hari pertama magang kami diharuskan sudah tiba di lokasi jam 8 pagi. Sehari sebelumnya saya sudah meniatkan hati, jiwa, dan raga untuk berangkat dari kostan jam 6.45 (mencegah kalau-kalau terkena macet di jalan, hehe). Tetapi dengan sangat bangga saya malah menggagalkan niat mulia saya tersebut karena saya bangun kesiangan (jam 6.30), akhirnya saya ditinggal berangkat teman saya duluan dan seperti biasa, kelabakan di pagi hari. Haha... Selain bangun kesiangan saya juga justru malah salah naik angkot dan 15 menit nyasar yang membuat saya akhirnya harus berjalan kaki dari lokasi nyasar menuju ke lokasi dinkes provinsi. Ckckckck... (geleng-geleng sendiri kalo ingat hal itu lagi, fufufu~~) Walaupun dengan berbagai insiden pagi tersebut, alhamdulillah saya berhasil tiba di lokasi jam 7.30, horeeeee tidak telat!!! haha.. ternyata jalanan Cihampelas sepi yah kalo pagi, jadinya setelah itu mulai hari kedua saya dengan santai baru berangkat jam 7 pagi dari kostan. :) Untuk hari-hari berikutnya jam berangkat pagi saya alhamdulillah lancar dan on time..

Salah satu peraturan yang diterapkan di Dinkes Provinsi adalah diberlakukannya kegiatan apel pagi, yang di dalam apel tersebut dilaksanakan pembinaan, doa bersama, dan evaluasi kehadiran harian. Waahhhh sudah lama saya tidak ikut yang namanya apel atau upacara (kalau tidak salah terakhir kali ketika saya SMA, haha). Kegiatan apel pagi ternyata selain meingkatkan kedisiplinan, bagi saya yang ikut serta selama 4 hari rasanya setelah apel pagi membuat saya menjadi merasa siap untuk segala tugas yang akan diberikan kepada saya di hari tersebut. Hmmm seruuu.. :)


Bekerja selama 5 hari di Dinas Kesehatan sangat menyenangkan buat saya secara pribadi, yah selain karena basic saya yang selalu tertarik dengan masalah pemerintahan, tetapi juga dikarenakan pembimbing-pembimbing dari pihak Dinkesnya sangaaaaaattttt ramah...  :) i will miss them so much... (^_^)
Banyak ilmu dan pengalaman yang saya rasakan dan dapatkan selama 5 hari kerja di Dinkes Prov. Jabar, tetapi ini masih 15% dari seluruh kegiatan magang yang harus saya lakukan selama bulan januari-februari. Dengan pengalaman 1 minggu yang luar biasa ini saya lebih antusias lagi untuk 7 minggu yang masih tersisa.. sippp semangaaat!!!! \(^o^)> Nih, ada sedikit kenangan-kenangan saat saya mengunjungi gudang perbekalan farmasi Dinkes Prov. Jabar... hehe (lihat gambar disamping).

Okeee, ternyata menulis tidak bisa membuat ngantuk ya?? haha justru membuat saya semakin menggebu-gebu ingin menulis lagi, but i have to sleep now,... jangan sampai bangun kesiangan lagi untuk hari pertama magang di Dinkes Kota Bandung hari ini... :D Bismillah, Ya Rabb bimbinglah selalu langkah-langkah hamba.. amiin :)

Good night semuaaa... :)

2 komentar:

  1. Assalamualaikum ka..sy sofi.pgn nanya seputar magang d dinkes.. bisa kk invite fb sy? Sofia Tunisha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wangalaikumsalam sofi.. maaf kakak baru lihat blog. Sudah kakak approve fb nya. Semangat untuk magangnya ya dek.. :)

      Hapus