Minggu, 02 Juni 2013

Kalimat Negatif


Kalimat negatif tidak hanya kalimat-kalimat yang diawali dengan kalimat "tidak" teman-teman.. tapi yang mau saya sebutkan disini adalah kalimat-kalimat eksplisit yang mengundang terjadinya pemikiran atau tindakan negatif. Hehe.. tahukah kalian bahwa ternyata kalimat apa yang kita gunakan untuk merespon sesuatu sangat mempengaruhi bagaimana sifat kita dalam menyikapinya? Misalnya dua kalimat berikut:

1. "nanti ya..."
A: "Mbak, bisa tolong pindahkan bunganya ke meja depan?"
B: "Baik mbak.. nanti ya mbak setelah saya menyelesaikan pekerjaan ini dulu.."
(beberapa jam kemudian setelah pekerjaan selesai)
A; "Mbak, kok bunganya belum dipindah?"
B: "Oh iya mbak.. maaf saya lupa.."
Kata "nanti" tidak bisa sembarangan digunakan. Boleh lah kalau kita mempunyai daya ingat yang tinggi, tetapi jika kita tipe orang dengan memori rendah, mungkin sebaiknya kita menghindari kata "nanti ya.." atau kalimat lain yang bersifat menunda pekerjaan, karena kita pasti lupa untuk melakukannya. Solusinya adalah mungkin dengan mencatat apa kegiatan "nanti ya.." yang harus anda lakukan agar tidak terlupa. :)

2. "Emang bisa?"
A: "Yukk kita bikin program A"
B: "Emang bakal jalan gitu programnya? emang bakal ada peminatnya?"
A: "Kan baru ide.. makanya mari kita kembangkan dan kaji biar bisa terjalan.."
Yupz, sering kali kita memiliki pemikiran-pemikiran atau pendapat pesimis tentang apa yang ingin kita kerjakan atau orang lain kerjakan. Kalimat "emang bisa" secara tidak langsung merupakan kalimat penunjuk betapa pesimisnya kita dalam menyikapi sesuatu. Masih untuk kalau itu hanya menurunkan motivasi orang yang mengucapkannya, tetapi please deh jangan sampai kita membuat orang lain yang mendengarnya jadi ikut pesimis. Mungkin bukan "emang bisa" yang harus kita ucapkan, tetapi bisa diganti dengan merespon (untuk contoh percakapan di atas) "lebih jelas programnya gimana?".. :)

Pastinya masih banyak kalimat lain yang berpengaruh pada sikap kita, tetapi tentunya kita tetap harus cermat memilah dan menggunakan kata-kata. Tidak harus untuk kepentingan orang lain, minimal untuk diri kita sendiri agar tetap semangat dan positif menjalani hari-hari. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar