Senin, 30 April 2012

Loving Indonesian Cultures

Ketika hari minggu atau akhir pekan selalu dimanfaatkan orang lain untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, seperti biasa hari minggu saya selalu saya habiskan di lab dari pagi tentunya tak lain untuk mengejar data TA. Rencana yang saya buat untuk hari minggu kemarin, 29 April 2012, adalah melakukan elektroforesis SDS-PAGE. Sepertinya saya cukup tak beruntung untuk ngelab kali ini, selain deion yang belum disiapkan walau akhirnya berhasil diatasi akan tetapi saat hampir proses finishing digagalkan karena ternyata alat untuk running buffernya gak bisa jalan, dan itu setelah saya bekerja seharian penuh. Cukup kecewa karena hasil kerja seharian nihil bahkan sebelum memperoleh hasil. Akan tetapi akan lebih mengecewakan lagi kalau saya tidak kerja sama sekali, betul?! yupz betul sekali. :D

Saat saya masih mencoba mengotak-ngotak mesin itu walau jam dinding sudah menunjukkan jam 18.30 WIB, teman saya sms saya mengajak untuk ikut nonton Dies Unit Kebudayaan Minangkabau (UKM-ITB). Tentu saja saya mengiyakan ajakan tersebut, karena saya memang sangat senang dengan acara-acara sejenis ini, sekaligus gak mau ambil pusing dengan kekesalan labing kali ini. Sebelumnya kita sudah berencana untuk nonton satu minggu yang lalu, tetapi hingga kemarin kita tetap kehabisan tiket, hingga akhirnya teman saya nekat untuk membeli tiket on the spot. Acara dimulai jam 19.00 WIB dan teman saya sudah antri waiting list sejak jam 18.00 WIB. Alhamdulillah ternyata usaha teman saya tidak sia-sia, dia berhasil mendapatkan tiket untuk kita berdua, dan saya pun tak mau mebuat teman saya itu menuggu lama sendirian sehingga akhirnya saya meninggalkan mesin itu yang tidak segera bekerja dan langsung menuju Sabuga. Saya tiba di Sabuga tepat saat saya menerima sms dari teman saya yang memberi kabar kalau dia sudah dapat tiket, tepat jam 18.45 WIB. Suasana pintu masuk didekorasi dengan sangat menarik, bahkan menurut saya karpet merah pun bisa kalah karenanya. Akan tetapi karena yang namanya dadakan mohon maaf tidak ada dokumentasi foto kali ini, saya sedang tidak membawa kamera digital dan kamera HP saya juga hanya sekedar pajangan, hehe.

Ketika memasuki ruangan saya cukup terkejut dengan jumlah penonton yang ternyata sudah mengisi hampir 75% kursi yang disediakan. Kita pun akhirnya hanya bisa mendapatkan tempat duduk di sayap kiri. Tapi malam ini kami benar-benar cukup beruntung, hanya setelah beberapa menit kami duduk beberapa orang di sebelah kanan kami pindah sehingga kami bisa sedikit geser ke tengah dan mendapatkan spot duduk yang cukup nyaman untuk nonton malam ini. :)

Dies Natalis UKM ITB yang ke-37 ini bertemakan Wonderful Minangkabau dengan jargonnya Sumarak nagari, bapaga adaik. artinya apa?? saya cuma tahu Sumarak nagari = semarak negeri, yang satu lagi belum tahu, hehe. Acara malam ini diawali dengan sajian musik kontemporer perpaduan musik tradisional minang dengan musik modern, semangat para pemain musik membawakannya mampu membuat seluruh penonton juga ikut bersemangat. Setelah sajian musik pembukaan diawali dengan sebuah tarian pembukaan yaitu tari galombang pasembahan. Tarian yang disajikan serempak ini ditarikan dengan berbagai gerakan silat oleh para penari laki-laki dan diperindah dengan gerakan tari dari penari perempuan. Dalam acara ini, tari tersebut dimaksudkan sebagai tari pembukaan acara. Setelah tarian selesai ditampilkan, acara dilanjutkan dengan pembacaan Al-Qur'an yaitu surat Al-Imran ayat 159-160 dan At-Taubah ayat 47.


Dalam acara malam ini sebagai acara utamanya ditampilkan sebuah dramatari musikal tentang kisah seorang pemuda tangguh minang bernama Lembak Tuah. Sesuai dengan konsepnya, dalam drama yang disajikan tentunya setiap penampilannya diiringi juga tarian dan musik yang komposisinya menurut saya sangat bagus. Beberapa tarian yang disisipkan dalam drama tersebut antara lain
- tari tapuak tingkah, tari yang sangat menekankan pada ketegasan gerakan-gerakan tari dan suara tepukan tangan serta kain sarung.
- tari kipeh marawa, tari yang ditampilkan dengan kelompok penari pria menggunakan umbul-umbul sementara kelompok perempuan menggunakan kipas, saya sangat suka dengan suara kipasnya saat dibuka dan ditutup serta suara hentakan umbul-umbulnya, hehe.
- tari piriang manggaro, dalam tari ini dari namanya saja sudah jelas bahwa piring adalah ciri khas utamanya, pada saat ditarikan ada beberapa piring yang pecah hingga membuat tarian tersebut terlihat debus sekali karena para penari yang tidak menggunakan alas kaki bisa saja terluka karena pecahan piring. :o
- tari rantak dan tari tunggak titian yang disajikan saat Lembak Tuah meninggalkan kampung halamannya.
- tari indang dengan iringan lagunya yang khas, "didingbandiding..didingbandiding.." :D disajikan sebagai tarian penutup drama.

Pada saat drama berlangsung saya cukup terkendala bahasa karena para pemain menggunakan bahasa asli minang, tetapi itu bukan masalah besar karena hal itulah yang memperkuat ciri khas budaya mereka. Hingga akhirnya saya mulai mengerti beberapa kata seperti, kamanakan = keponakan, ambo = saya, mandeh = ibu, mamak = paman, digaduh = diganggu, dsb.  Di tengah acara teman saya tertidur karena kecapekan ngelab, sementara saya masih bisa tertawa ketika adegan tiga sekawan (jupri, balok, bidin) berlangsung. Sumpah! mereka kocak abis sampai membuat perut saya sakit karena terus tertawa dan mampu membangunkan teman saya yang tidur, haha :D

Banyak hal yang membuat saya tertarik dari acara malam ini, busana pemaninnya yang indah dan menarik, komposisi musik yang Wah! dan mantab sesuai suasana cerita, penataan cahaya yang oke, dekorasi panggung yang juga indah, dan berbagai penampilan yang membuat saya sangat terpukau. Semuanya tak lepas dari kerja keras panitia berhari-hari. Terima kasih sekali untuk sajian budaya yang begitu indah, hal ini membuat saya semakin mencintai Indonesia. :)

1 komentar:

  1. salam kenal juga.. :) sepertinya temannya ichal ya?
    terima kasih untuk apresiasinya.. insya Allah dapat lebih berbagi khususnya melalui tulisan-tulisan sederhana disini.. :)

    Sudah saya kunjungi blognya dan sangat menarik.. ^^

    BalasHapus