Selasa, 05 April 2011

Shock anafilaktik

Tahukah kamu, mengapa alergi tidak bisa dianggap sesuatu yang remeh? baik alergi secara alami maupun alergi karena efek samping. Hal itu karena sistem imunitas tubuh kita. Banyak orang berpendapat bahwa dengan adanya sistem imunitas tubuh yang baik, maka tubuhnya akan selalu dalam kondisi yang sehat. Tetapi tidak seperti itu juga, karena sistem imunitas juga kadang bisa menyebabkan kematian.
Baiklah, mari saya coba jelaskan secara sederhana. Pada dasarnya ketika tubuh diserang oleh zat asing, maka sel limfosit B akan mendeteksi dan membentuk antibodi untuk mengenali alergen (signal yang dikeluarkan oleh mikroba). Dalam antibodi terdapat IgE yang jika berpaparan dengan alergen akan mengaktivasi sel matosit. Sel matosit yang teraktivasi akan menyebabkan terjadinya degranulasi sel. Dalam proses degranulasi sel inilah terjadi pelepasan histamin. Histamin yang terlepas akan menyebabkan vasodilatasi pada pembuluh darah sehingga tekanan darah menurun secara perlahan-perlahan akibatnya terjadilah shock anafilaktik yang dapat berujung pada kematian.


Keseluruhan proses tersebut merupakan reaksi hipersensitivitas tipe I (reaksi alergi sederhana yang mudah untuk diamati). Secara kasat mata ketika kita melakukan percobaan ini pada kelinci, maka akan kita lihat kelinci tersebut mengalami gatal-gatal, asma, mata dan telinga menjadi merah bahkan hingga terjadi kematian.

So, jangan menganggap remeh alergi ya.. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar