Rabu, 27 Maret 2013

Romantika Babakan Siliwangi

Jalan ini bukan jalan yang asing buatku. Jalan yang selalu kulewati setiap aku ingin menyegarkan diri berolahraga di Sasana Olahraga Ganesha. Yups, kami menyebutnya area Babakan Siliwangi. Sejarahnya bagaimana aku kurang tahu, mungkin lain kali aku akan mencoba membahasnya, hehe. Tapi hari itu, Sabtu, 23 Maret 2013, area ini mempunyai sejarah manis dibandingkan hari-hari biasanya. Hari itu ada 24 pasang suami istri yang menghalalkan dan meresmikan pernikahannya dalam ikatan pernikahan yang sah. Pertama kali dalam seumur hidupku menghadiri langsung acara pernikahan massal seperti ini. :)

Kegiatan hari itu merupakan salah satu kegiatan sosial yang dilaksanakan oleh komunitas Kampus Peduli dengan tajuk acara bernama "Maret Merit 2013". Kegiatan ini diselenggarakan untuk menyelenggarakan akad nikah dan resepsi pernikahan bagi beberapa pasang suami istri dhuafa dan tunawisma. Aku bukan bagian dari komunitas Kampus Peduli, tetapi kebetulan aku mempunyai teman yang ikut dalam komunitas itu yang mengajakku menghabiskan waktu untuk menikmati meriahnya kegiatan saat itu dibandingkan memalaskan diri di kostan. Aku adalah seorang penikmat kesenangan dan senyuman, sehingga aku mengiyakan secara otomatis ajakan temanku saat itu karena ketertarikanku pada apa yang akan aku temukan di tempat itu.

Aku datang dengan hanya membawa sebuah kamera untuk mengabadikan momen-momen indah itu. Dengan baju merah jambu, aku tiba di lokasi dengan wajah yang sumringah penuh senyuman, aku juga ingin terlarut dalam kebahagian para pengantin dan keluarga mereka di tempat itu. Senyumku terukir semakin lebar ketika aku melihat betapa indahnya dekorasi di lokasi saat itu. Ingin tahu seperti apa seindah apa lokasinya? ini nih foto-fotonya... :)

 

 

Dekorasi yang sederhana ini pun juga diperkuat dengan keindahan area Babakan Siliwangi itu sendiri. Sebuah daerah penuh citra seni dengan bumbu mistik agama hindunya membuat dekorasi itu semakin tampak romantis dan manis.


  

Setelah cukup puas menikmati keindahan lokasi pernikahan, aku pun segera bergabung untuk menyaksikan pengucapan ikrar akad nikah sore itu. Dalam satu ruang yang sama, 24 pasang pengantin secara bergantian mengucapkan akad nikah yang membuat air mataku mengalir melihat kebahagiaan itu. Di luar ruangan akad berkumpul seluruh keluarga dari para pengantin yang membuat suasana semakin ramai dan meriah penuh dengan senyuman. 


 

 

Setelah acara akad nikah selesai, acara dilanjutkan dengan arak-arakan dan penyerahan mas kawin berupa seperangkat alat sholat. Saat acara arak-arakan berlangsung, suasana yang tadi hening saat prosesi akad nikah menjadi lebih meriah dengan penuh tepuk tangan, tawa, dan ucapan selamat kebahagiaan. :)

 

 

Rangkaian acara hari itu sebenarnya masih panjang, tetapi karena aku ada agenda lain jadi tidak dapat mengikuti seluruhnya. Di tengah kerasnya kehidupan mereka, mereka mencari dan menemukan kebahagiaan yang sederhana tapi sangat berarti bagi mereka. Aku pun hanya mampu mendoakan semoga Allah senantiasa merahmati keluarga mereka. Amiin.. :) Terima kasih atas senyuman indah yang kalian berikan padaku, aku banyak belajar hal berarti dari senyuman kalian... :')

Tidak ada komentar:

Posting Komentar