Minggu, 04 Mei 2014

Step-step Mengatasi Kebosanan

Tik tok, jam berapa sekarang? Oh yeah, jam 01.22 WIB. Dan di sini lah saya, dengan laptop masih menyala di meja belajar saya. Tubuh saya lelah sebenarnya karena dua hari berturut-turut saya lembur kerja dan masih ada satu hari esok yang menanti untuk kembali lembur. Tetapi mata saya sulit terpejam, akhirnya saya memutuskan untuk menulis sesuatu sebagai pengantar tidur saya, apapun, apapun, apapun, aaa~ paa~ puun.

Hohoho, oke, selamat malam pembaca blog setia saya (fufufu~ sok artis banget?!) kali ini saya mau berbagi resep bagaimana cara mengatasi kehidupan sehari-hari yang cukup membosankan. Jika ada yang merasa hidupnya tidak membosankan, tak perlu melanjutkan membaca dan diijinkan untuk caw dari blog ini sekarang #evillaugh. Jujur, saya termasuk orang yang mempunyai tingkat kebosanan paling tinggi dalam standar ukuran saya (jangan tanya gimana standar yang dimaksud). Dengan indikasi mudah bosan yang akut tersebut, saya pun mempunyai berbagai macam treatment agar hidup saya kembali segar bugar. Berikut treatment yang saya jalani, haha.

1. Ibadah
Karena saya seorang muslim, ibadah rutin saya sehari-hari adalah dengan sholat dan membaca alquran. Mengapa menurut saya ibadah adalah salah satu cara mengatasi kebosanan hidup? Coba ingat baik-baik, sakit yang ingin kita obati adalah 'kebosanan hidup', dan jika kita sudah bosan dengan apa yang ada dalam kehidupan duniawi ini, maka pelarian utamanya adalah dengan melupakan sejenak kehidupan duniawi untuk menyiapkan kehidupan akhirat kelak yang nikmat dan tak membosankan. Indahnya kehidupan akhirat kelak hanya bisa dihimpun dengan amal ibadah selama di dunia. So, mengapa harus mengatakan tidak untuk menyisihkan waktu sekian jam dari 24 jam tiap harinya untuk beribadah? jika bosan beribadah satu jam, maka bisa ditingkatkan menjadi dua jam. Jika bosan beribadah dengan sholat wajib saja, maka bisa ditambahkan dengan sholat sunnah. Jika bosan hanya membaca 1-2 surat setiap harinya, bisa ditingkatkan menjadi 1-2 juzz berikutnya. Yups, ibadah tak akan pernah membosankan, karena kebahagiaan rohani selalu menjadi prioritas utama untuk menikmati kehidupan duniawi. Dan hanya melalui ibadah lah kebahagiaan rohani bisa tercipta.

2. Miliki teman sebanyak mungkin
Saya mempunyai prinsip menarik dalam menjaga kehidupan sosial saya, "dalam kehidupan saya, saya bertemu dengan jutaan orang, mengenal ribuan orang, dekat dengan ratusan orang, terikat dengan puluhan orang, tapi saya tahu endingnya saya akan berakhir sendirian." Yups, sudah sejatinya manusia diciptakan seorang diri dan akan berakhir (meninggal) seorang diri pula. Tetapi dalam perjalanan hidupnya manusia ditakdirkan bertemu dengan banyak orang, menjalin silaturahmi untuk saling mengenal dan belajar banyak hal dari orang lain. So, perbanyaklah teman, jaga komunikasi dan bangun hubungan sebaik mungkin. Entah dirimu yang akan bercerita atau mungkin mereka, akan selalu banyak hal yang bisa dipelajari, disyukuri dan direnungkan dari setiap timbal balik cerita yang dituangkan. Percayalah, sebuah hubungan sosial yang baik akan mampu membuat hidup menjadi lebih menarik. People come into your life for a reason, a season, or a lifetime. When you figure out which one it is, you will know what to do for each person.

3. Miliki hobbi sebanyak-banyaknya
Sebenarnya gak harus banyak juga sih, tetapi temukan hobbi-hobbi menarik yang bisa menghidupkan kehidupanmu yang hitam putih. Saya sendiri punya segudang hobbi untuk mengusir kebosanan saya. Saya senang menulis, membaca, badmintoon, catur, memasak, menyulam, menggambar, bersepeda, menari, yoga, nonton,  dan sebagainya. Yups, apapun hobbi kalian, nikmati dan kreasikan dengan sebaik-baiknya. :)

4. Jalan-jalan
Entah area perkotaan, pedesaan, maupun area wisata, baik dalam kota maupun luar kota, bahkan dari dalam negeri hingga luar negeri, jelajahilah semua tempat yang bisa kamu tempuh di sekitarmu. Prinsip saya adalah "dengan banyak mendatangi tempat-tempat baru maka aku akan banyak mengenal hal-hal baru.". So, mengapa harus terkurung dalam satu tempat saja jika dunia menawarkan kita berbagai macam warna dari seluruh tempat yang ada? mari kita nikmati anugerah Tuhan yang terlukiskan dari keanekaragaman tempat yang diciptakan. Dengan begitu kita akan tahu, bahwa dunia ini terlalu menarik untuk dibuat menjadi sekedar rutinitas yang membosankan. :D

Euhmmm saya rasa cuma itu saja sih treatment yang selama ini saya jalankan. Nanti kalau ada tambahan lagi, saya sisipkan segera deh. Hehe. Oke, selamat menikmati hidup, selamat malam, dan selamat tidur. Have a nice day tomorrow. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar