Selasa, 25 Februari 2014

Dimanakah Apoteker Lulusan ITB Seharusnya Berada?

Kemarin sore asisten apoteker saya bertanya pada saya, “Mbak Indah, mbak kan lulusan ITB, pinter dan bisa cari kerjaan bagus, kok mau sih kerja di sini dan milih di Semarang? Apa gak sayang tuh Mbak? Lulusan ITB lho padahal?”

Tak dipungkiri itu merupakan salah satu pertanyaan yang sudah saya antipasti suatu saat akan ditanyakan orang dan tentunya bukan pertanyaan yang mudah untuk saya jawab. Akhirnya saya jawab saja pertanyaan itu dengan apa adanya dan kondisi sebenarnya.

“Saat saya lulus apoteker kemarin Ayah saya berkata, ‘jangan jadikan embel-embel ITB mempersulit langkahmu ke depan.. ITB adalah tempat kamu belajar dan mencari ilmu, bukan menjadi tuntutan di mana kamu akan bekerja. Tempat bekerja adalah suatu tempat yang memenuhi tiga kriteria utama, yaitu tempat yang sesuai karakter kepribadianmu, tempat yang tepat ilmu-mu dapat diterapkan, dan tempat dimana kamu dapat terus belajar.. setiap orang punya posisi dan peranan masing-masing di dunia ini, temukan posisi yang tepat dimana ilmumu bisa bermanfaat…’ Lalu apa yang salah dengan saya bekerja disini? Bagi saya tidak ada yang salah. Tempat ini lebih dekat dari keluarga saya dibandingkan Bandung atau Jakarta, tempat ini sesuai kepribadian saya yang senang berinteraksi dengan banyak orang, di tempat ini ilmu saya dapat diterapkan, dan di tempat ini saya setiap hari selalu belajar hal-hal baru, ilmu kesehatan, ilmu sosial, ilmu komunikasi, dan sebagainya. Di tempat ini pun banyak tantangan bagi saya sebagai seorang apoteker yang harus tetap diasah dengan serius. Walau saya tidak yakin apakah saya akan berada disini dalam jangka waktu yang sangat lama, karena tidak dipungkiri saya pun masih punya satu list rencana dan cita-cita pribadi yang ingin saya capai dalam hidup saya.. tetapi saya menikmati pekerjaan saya disini saat ini. Asal saya senantiasa terus bergerak dan berkontribusi dengan baik bersama ilmu saya, itu cukup untuk saya… So, kenal lah saya sebagai seorang apoteker, bukan sebagai seorang apoteker lulusan ITB, karena ITB hanyalah tempat saya mencari ilmu, tapi di sini adalah salah satu tempat saya bisa mengaplikasikan ilmu…J “

8 komentar:

  1. Indaaaah, I love this post! Pesan yang sangat bermakna. Yang harus terus kita lakukan adalah Do the best, wherever you are! Yuk ah semangat berkontribusi tuk menyehatkan bangsa :). Main-main yuk ke blog aku ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. insya Allah kak erni, semoga kita menjadi apoteker yg baik dan bermanfaat... :)
      hehe.. thanks ya kak udah mampir, ntar aku main-main ke blog kakak.. ^^

      Hapus
  2. inspiratif sekali.. perkenalkan saya Denin dari Teknik Mesin UGM.. izin share ya.. :-)

    BalasHapus
  3. Mbak indah sehat selalu dong...skrg pst kupingmu jarang ditutup headset yah krn hrs sll jd pendengar yg baik bagi klien2 apotek...smg bs btemu lg dlm situasi baik..
    Ijul pny sodara di genuk loh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ada Ijul.. insya Allah jul, bener banget skrng bener2 berusaha menjadi pendengar yg baik... :)
      sip, kalo ke semarang kabar2 ya jul... :)

      Hapus
  4. bener banget ndah! :) Dan bahkan jika seorang apoteker ITB pun nantinya bekerja jadi full time mommy pun yaaa yang penting ngejalanin pilihan dengan ikhlas dan kita menjatuhkan pilihan kita sesuai dengan hati dan kondisi kita :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yups jiel.. betul-betul...bahkan untuk jadi full time mommy jg tak mudah.. semangat jiel!! :)

      Hapus